Salam jumpa kembali untuk mitolovers semua, dalam edisi kali ini saya akan share bagaimana cara scan manual EFI (Electronic Fuel Injection) Toyota.
Anda pasti pernah mengalami hal yang satu ini, saat Anda berkendara tiba-tiba muncul indikator lambang check engine menyala terus.
Tentunya hal ini membuat Anda bingung sekaligus cemas karena takut terjadi apa-apa dengan mobil Anda.
Tidak usah khawatir karena disini saya akan mengungkapnya secara manual, bila Anda lakukan sendiri
Sebelum kita bahas bagaimana cara scan manual EFI Toyota, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar diberi pencerahan.
1.Diagnostic Normal Mode (DNM)
Pada DMN yang di butuhkan hanyalah menjumper diagnostic box (socket diagnosis) dengan melihat sticker yang di tempel terbalik pada DLC. Pasanglah kabel tersebut pada kode TE1 dan E1.
Kondisi mesin pada saat mendeteksi bisa pada posisi kunci kontak ON, bisa juga dalam posisi hidup. Diagnostic akan mendeteksi kerusakan pada kedipan lampu indikator check engine yang berada di spidometer. Diagnostic Normal Mode ini akan memonitor 15 item di mobil.
2.Diagnosis Test Code (DTC)
Biasanya dalam DNM banyak item penyebab mobil bermasalah totalnya tidak terdeteksi, sehingga kita beralih ke DTC karena dalam kondisi mesin mati jadi lebih akurat. DTC ini mencakup tiga kode penting yang akan di check langsung.
Kode 22: Temperatur engine coolant tetap berada pada suhu 80 derajat celcius ( apakah mesin overheating atau tidak)
Kode 31: Waktu pengaian tetap berada pada 5 derajat celcius sebelum TMA (titik mati atas) dan tekanan absolut manifol tetap berada pada 46,7 kpa (apakah pengapian mobil normal)
Kode 41: Throttle position tetap pada 0 derajat (sensor-sensor Throtlle body yang berfungsi untuk mengatur udara masuk apakah dalam keadaan normal)
Apabila dari tiga kode ini terdeteksi saat melakukan Diagnostic On Board secara otomatis ECU akan merubah mobil ke fail safe, dan sama halnya dengan komputer yang dapat di jalankan melalui safe mode.
Mobil tetap dapat di jalankan melalui safe mode untuk mengetahui lebih dalam lagi kerusakan apa yang sedang terjadi.
Pastikan Sebelum DTC di mulai thrittle valve menutup, seluruh swicth aksesoris off. dan transmisi dalam posisi netral atau parking. Kode yang harus di jumper adalah kode TE1 dan TE2 dan E1 kemudian kunci kontak di putar pada posisi ON (jangan sampai nyala dulu yak) Setelah menjupai trouble code pada saat Diagnosis ( kedipan check engine).
Kemudian hidupkan mesin dan coba test jalan sebentar, pada saat ini ECU telah mengoprasikan fail safe mode jika kecepatan mobil 5 km / jam 3 mph atau kurang.
Kode trouble Diagnosis 42 (sinyal kecepatan kendaraan) akan di munculkan dan ini normal.
Untuk kembali ke mode normal stelah pengetesan, silahkan matikan mesin dan cabut kabel jumper. Setelah memperbaiki bagian yang bermaslah dari trouble code tersebut, ECU akan menyimpan DTC pada memorinya. Untuk menghapus DTC pada memory cabutlah fuse EFI yang berada pada fuse box atau melepas kabel negatif (-) aki selama kurang lebih 10 detik maka ECU akan kembali ke normal mode.
3.Cara membaca kedipan indikator check engine ketika melakukan Diagnosis On Board (DOB)
- Setiap kode umumnya menggunkan dua digit seoerti : 12, 14, 16, 22 dan lain-lain
- Bukan berati check engine berkedip sebanyak 14 kali yang ada pasti salah hitung
- Digit pertama biasanya di tandai dengan kedipan lampu check engine menyala dengan pelan selama kurang lebih 0,5 detik sebanyak satu kali.
- Setelah itu diikuti dengan kedipan lampu check engine lebih cepat untuk angka belakangnya, contoh 6 maka lampu check engine akan berkedip selama 6 kali.
- Setelah menunjukan angka 16, maka lampu check engine akan mati selama kurang lebih satu detik, dan akan melakukan pengulangan kedipan kembali untuk trouble kode 16. Tetapi apabila trouble lebih dari satu maka lampu check engine akan melakukan kedipan trouble code baru.
Misalkan:
- Lampu check engine akan berkedip pelan selama 1 kali kemudian di ikuti kedipan cepat selama 6 kali maka itu menunjukan trouble code 16
- Setelah itu lampu check engine mati selama kurang lebih satu detik, dan akan berkedip menunjukan trouble code baru seperti
- Lampu check engine berkedip pelan sebanyak 2 kali kemudian di ikuti kedipan cepat selama 2 kali maka itu menunjukan trouble code 22
- Dan lampu check engine akan mengulangi seperti itu.
Cukup sekian dari saya semoga membantu dan terimaksih.